Info&tanya jawab

Selasa, 16 Juli 2019

Tertarik Teknik Beternak, Bupati Flotim Ingin Belajar Dari Kades Lewolaga

Foto: Pangky Sogemaking
Tertarik dengan teknik beternak yang boleh dibilang sukses, Bupati Flores Timur, Anton Hubertus G. Hadjon, ST ingin belajar teknik tersebut dari Kepala Desa Lewolaga.
Hal ini terungkap dalan diskusi singkat di sela-sela acara pameran keterampilan pengrajin lokal yang dipadukan dengan hari lansia dan keluarga berencana tingkat kecamatan Titehena Kabupaten Flores timur, Selasa (16/07/2019) di desa Leraboleng.
Dalam diskusi lepas dengan kepala desa Lewolaga, Frans Nikolaus Beoang (kiri baju putih dan sarung), Pendamping Lokal Desa, Alfons Payong (tengah 88) dan mantan kades Duli Jaya, Anton Koten (jaket hijau samping kiri), sembari tersenyum Bupati Hadjon mengatakan dirinya ingin belajar berternak dari kades Lewolaga. Alasannya menurut Bupati, pekerjaan yang diemban oleh kades Lewolaga tersebut sangat bagus.

Bupati Hadjon pun memaparkan kenapa dirinya tertarik, selain karena bagus, teknik memelihara ternak babi yang dilakukan kades Lewolaga itu tidak rumit. Caranya, babi diberi makan hanya dengan dedak kering dicampur jagung giling. Bubuk atau butiran tersebut ditabur saja diatas lantai kandang babi. Ternak babi pun melahapnya tak tersisa walau tanpa diaduk dengan air.
"Saya ingin belajar dari pak kades Lewolaga soal kasih makan babi karena kasi makan babi bukan makan yang dimasak atau makanan sisa, tapi hanya dengan dedak kering dicampur jagung giling kemudian ditabur saja dan babi makan sampai habis" ucap Bupati Hadjon.

Untuk diketahui bahwa teknik pemberian pakan babi ala kades Lewolaga itu sangat sederhana. Sebelum diberi makan dedak dan jagung giling kering, babi dikasih dedaunan atau rumput. Dan setelah dedaunan atau rumput itu dilahap ludes, selanjutnya diberi makan dedak kering dan jagung giling kering pula. Sementara airnya sudah disiapkan tersendiri pada tempat yang sudah disediakan untuk air. Usai makanan dilahap, babi langsung menuju tempat air yang sudah disediakan untuk minum air. (Teks: Pangky Sogemaking)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar